Pembukaan Kegiatan Bimbingan Remaja Usia Nikah (BRUN) di Ruang Kuliah 1 (Dok.Foto Humas UNIMUGO).

Unimugo – Gombong, Unversitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) menggelar kegiatan Bimbingan Remaja Usia Nikah bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen yang dilaksanakan pada hari Rabu, 20 September 2023 di Ruang Kuliah 1 Gedung Rektorat Unimugo yang diikuti oleh 125 mahasiswa dari fakultas ilmu kesehatan dan fakultas sains & humaniora.

Hadir pada kesempatan tersebut, Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun, M.Kep., SP.Mat, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Al Islam Kemuhammadiyahan Sarwono, M.Kes, Ketua LPPIK UNIMUGO Puji Handoko, S.Ag., M.Pd dan Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Salim Wazdy, S.Ag., M.Pd

“Manfaatkan kuliah umum ini, gali ilmu sebanyak-banyaknya dari fasilitator yang akan mengisi materi bimbingan remaja usia nikah”, ungkap Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun, M.Kep kepada mahasiswa ketika memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen atas kesempatan yang diberikan kepada UNIMUGO untuk bererjasama khususnya dalam bidang pendidikan. “Harapannya kedepan dengan adanya bimbingan ini akan memperkecil angka pernikahan anak usia dini walaupun pemerintah dan kementerian agama telah menyepakati usia  nikah 19 tahun”, ungkap Rektor.

Salim Wazy Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen menyampaikan hal Membangun Keluarga adalah antara Cita – Cita dan  Realita.

Beberapa tantangan pelestarian perkawinan diantaranya adalah angka perceraian  tinggi pada tahun 2021 sebesar 3.381  dan tahun 2022 sebesar 2.798, dispensasi nikah anak tahun 2022 sebanyak 40 laki-laki & 229 perempuan, dan tahun 2023 data perkara 159 dengan 155 putusan. “Untuk itu kami sangat mengharapkan dengan adanya bimbingan remaja anak usia nikah ini mahasiswa/i UNIMUGO menjadi mengetahui wawasan/ilmu terkait pernikahanya”, jelasnya.

Salim juga menyampaikan keutamaan dalam berkeluarga dalam melaksanakan ajaran agama Islam/ibadah (hadits)  yaitu:

  1. Mendapatkan hidup Sakinah, mawaddah wa rahmah (QS Arrum: 21)
  2. Reproduksi/ regenerasi/ keturunan (QS An Nahl: 72
  3. Menjaga kehormatan (QS An Nisa: 24)
  4. Pemenuhan kebutuhan biologis (QS Al Baqarah: 187)